Monday, October 11, 2010

Bahasa Kasih 11 Oktober 2010

Gal 4:22-24,26-27,31—5:1
Mzm 113:1-5a,6-7
Luk 11:29-32


We’re Free!!! ( by : Johan Ng )

Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita.Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.
- Gal 5:1

Sampai saat ini, sekalipun saya belum pernah menginjakkan kaki di club atau tempat dugem. Entah mengapa saya takut untuk mendatangi tempat seperti itu. Banyak cerita tentang kehidupan malam yang kemungkinan besar akan menjerumuskan saya kepada hal-hal yang tidak baik.

Sebagian orang mungkin berkata, “Tak ada salahnya mencoba dugem..” atau “Mumpung masih muda, nikmati dunia malam.” Seringkali kalimat tersebut menghampiri saya. Bahkan ada yang berpendapat tempat-tempat seperti itu akan memberikan kesenangan dan kelegaan atau dapat membuat kita terlepas dari segala masalah. Tapi saya tidak ingin mencobai diri dengan masuk ke dunia malam yang belum tentu arahnya itu. Ditambah banyak cerita menyeramkan yang bisa terjadi di tempat ugem, membuat saya semakin anti dengan tempat-tempat itu.

Bagi saya kesenangan tidak dapat diperoleh di tempat seperti itu. Masalah akan tetap ada walaupun kita sering dugem. Bacaan hari ini mengingatkan kita bahwa Tuhan telah membebaskan kita. Kita dapat melakukan banyak hal positif bersama Dia. Bisa dibayangkan hal negatif apa yang akan kita alami bila kita sering dugem. Tujuan awal ingin bersenang-senang, tapi bisa jadi kita terjerumus dalam kehidupan gelap, seperti seks bebas atau obat-obatan terlarang. Tuhan Yesus telah memerdekakan kita sehingga kita dapat berdiri teguh bersama Dia. (Ve)

Apakah saya masih diperbudak oleh hal-hal duniawi
yang menjanjikan kesenangan semu?

Luk 11:29-32

29 Ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: ''Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.
30 Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini.
31 Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!
32 Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!''


Pas baca message ini, aku jadi inget sharing aku di rekoleksi lektor bbrp waktu yg lalu,
aku juga dulu sering banget di ajakin dugem, tp aku ga pernah mau menginjakkan kaki ku ke tempat itu ... cukup dengerin aja dari temen" cerita ini itu tentang dugem ... rasanya ga ada yg membuat aku tertarik .... 
akhirnya, setiap temen ku cerita tentang kehidupan dugemnya dan mengajak aku tuk ikut, aku menolak ajakan nya dengan cerita berbagai kegiatan aku di gereja ....
yang pada akhirnya, mungkin Tuhan ikut bekerja dalam sharing aku itu, temen ku pelan" mengurangi dugemnya, dan suatu waktu dia bilang sm aku, "ta, aku skrg dah jadi WL di gereja aku" ... 
aku seneng nya ga kira" ... senyum selebar-lebarnya ... dan sangat bersyukur atas hal itu ..... :)
sekarang dia bener" aktif di gereja dia, jadi WL, jadi tim doa dll .... 


Jakarta, 11 Oktober 2010

No comments:

Post a Comment