Friday, March 9, 2012

Hati-hati gunakan akunmu ...

Zaman sekarang, hampir setiap orang mempunyai akun di jejaring sosial.  Sebut saja, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Dari anak-anak hingga orang dewasa, dari pelajar hingga pejabat, jejaring sosial tampaknya sudah menjadi sebuah wadah bagi orang-orang entah untuk main, iseng, berdagang, mencari teman, dan lain sebagainya. 


Tetapi, tidak sedikit pula, yang menggunakan akunnya dengan tidak hati-hati, sehingga kriminal pun terjadi. Terlalu memperlihatkan kelengkapan data di akun jejaring sosial tampaknya bukan sesuatu tindakan yang tepat. 


Terlalu memperlihatkan kegiatan dengan meng-update status juga sepertinya tidak terlalu baik, apalagi kalo menunjukkan kita sedang sendirian, khususnya utk para wanita. Karena, itu bisa saja menjadi memberikan kesempatan kepada orang-orang utk melakukan tindakan yang tidak baik terhadap kita. Jadi, sebaiknya, update-lah status yang sewajarnya, kegiatan kita setiap harinya sepertinya tidak perlu di umumkan sedetailnya. Apalagi, di dalam list teman atau followers tidak benar-benar teman yang sebenarnya. 


Beberapa kasus perkelahian / perdebatan juga sempat terjadi di jejaring sosial ini. Seperti yang kita tau, beberapa artis pun terlibat dalam hal seperti itu. Mereka tidak sungkan-sungkan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas di akun mereka. Dan akhirnya hal tersebut menjadi sorotan publik dan menjadi hot topic. Image mereka di mata fans atau publik, mungkin sedikit berubah. 
Karena, pada dasarnya, apabila kita membaca status orang-orang yang sedang marah, ataupun mengumbar masalah pribadi, akan risih dan bertanya-tanya, buat apa di umbar2 di status?? 


Dengan kita meng-update status masalah pribadi kita, itu berarti, semua teman atau follower kita bisa membaca itu. Dan, mereka pun bisa memberikan komentar. Tidak sedikit orang-orang yang menerima komentar-komentar malah menjadi marah dan menganggap teman-temannya telah mengganggu kehidupan privasi dia, padahal, dia yang memulai membuka kesempatan kepada orang-orang untuk masuk ke kehidupan privasi dia melalui status-status itu. 


Beberapa orang mengatakan, daripada gue marah-marah sm orang, mendingan gue marah-marah di facebook aja atau twitter. Tetapi, sadarkah dengan melakukan itu, malah menunjukkan ketidakdewasaan kita? Sifat egois setiap orang itu ada, terlebih disaat kita di terpa masalah. Kita seolah ingin semua orang tau, bahwa kita sedang ada masalah, jadi, jangan di ganggu. Loh Loh ... sepertinya ada yang aneh ...


Bukannya setiap orang itu pasti pernah menghadapi masalah ?
Lalu kenapa kita malah sibuk meng-update kegalauan kita di jejaring sosial ? Kenapa kita ga mencari solusi ? Malah berdebat dan marah karena merasa kehidupan privasi kita sudah di ganggu ? 


Hati-hati gunakan akunmu ..
Hati-hati dengan statusmu ...


Lebih baik, pikir-pikir dulu sebelum update ... Dan, sebelum marah karena merasa terganggu, lebih baik di cek ulang, apa yang telah terjadi sebelumnya... 


Informasi yang penting sebaiknya tidak di post di jejaring sosial untuk kebaikanmu juga ... 


Jakarta,09 Maret 2012
@rosita_lim





No comments:

Post a Comment