Tuesday, November 30, 2010

Goodbye Amah .... ( R.I.P our beloved grandma )

Tgl 25 November, hari kamis sekitar pukul 20.00 amah meninggalkan kami ...

Sebelumnya ... amah masuk RS di Puri selama bbrp minggu .... Lalu amah di pindahkan ke RS Mitra Kemayoran tgl 26 Oktober ....  setiap hari, kami selalu berdoa agar amah di berikan kesembuhan... karena amah pengen sekali pulang ke sekura .... semakin hari, doa ku berubah .... aku berdoa, minta sm Tuhan ... agar amah di berikan yg terbaik ... yg terbaik menurut Tuhan .... aku jg berdoa agar semua keluarga ku di berikan kekuatan dan kesehatan yg baik, karena kami semua pun butuh kekuatan lebih untuk menjaga amah selama di RS ... 

Amah sejak nafasnya berat


Aku setiap hari pulang kerja selalu ke RS .... menjenguk amah .... begitu juga dengan saudara" ku yg lain .... .... dalam kelelahan kami, hubungan kami pun menjadi lebih dekat .... karena hampir tiap hari kita ketemu, duduk, ngobrol bareng ... saling menghibur ... saling menguatkan satu sama lain ....

Sampai pada hari minggu, 4 hari sebelum amah pergi .... minggu pagi tepatnya ... amah keliatan begitu segar .... sehat .... dan dokter pun menyetujuinya .... dokter berkata : amah seger banget hari ini, baik !!!
amah pun masih bisa mengeluhkan soal batuknya ke dokter .... 
malemnya .... aku lagi duduk sm mama dan sodaraku yg lain .... tiba" nafas amah jadi berat .... kami panik .... 
bbrp sodara di telp-in agar dateng ke rs ....  
aku berdoa dalam hati ... "Tuhan .... bantu amah .... klo memang sudah waktunya, tolong lancarkan jalan buat amah .... agar amah tidak tersiksa lagi dengan alat" itu ...." 


Akong setia menjaga amah


Sekitar jam 11, smua kembali normal .... bbrp sodara dan aku pun pulang .... 

Senin, Selasa, Rabu dan Kamis hingga sore .... kondisi amah tidak ada perubahan .... amah tidak merespon panggilan kami .... amah jg spertinya kesulitan membuka matanya .... kami pasrah .... kami hanya mampu berdoa ..... 

Kamis malam .... seperti biasa ... sepulang kerja, aku pulang kerumah ... mandi dan segera siap" ke RS .... dengan membawa buku tuk hiburan aku selama jaga di RS ... aku dah siap bgadang ... hehehe
tapi, baru nyampe lobby, ada telp masuk dari mama .... mama bilang amah lagi di tolongin sm suster dan dokter, nafas amah berhenti .... 
ah, mimpi apa aku semalem .... dalam hati aku ngomel .... "pasrah ? tp koq kayanya ga bisa terima klo amah pergi !!" 

aku buru" ke atas, dan tangan ku mulai gemeteran .... aku panik melihat suster dan dokter yang sedang berusaha membantu amah .... aku sambil berdoa ... bener" minta Tuhan memberikan yg terbaik bwat amah ..... aku jg sambil telp dan bbm bbrp sodara ku .... 10 menit kemudian, dokter menyatakan amah sudah tidak bisa di tolong lagi :( 

aku segera masuk ke ruangan amah, dan memanggil amah yang sudah terbaring dengan wajah nya pucat .... aku ga bisa menahan air mata .... aku memanggil amah dan meminta maaf apabila ada salah ... dan aku jg mengucapkan selamat jalan tuk amah ..... 

telp dan bb ku terus berbunyi .... aku harus mengabarkan berita duka ini kepada keluarga ku yang belum sampai ke rs ..... 

banyak sekali teman" yang mengirimkan salam duka dan doa bwat amah dan keluargaku saat itu.... 

Lalu amah di bawa ke rumah duka jelambar, ruang mawar tepatnya ....

  
Altarnya amah

prosesi demi prosesi di jalankan .... kami mengikuti smua nya .... 

Ga terasa ... selama bbrp hari di rumah duka ... banyak sekali sodara" yg dateng, yang akhirnya, hubungan kami jadi baik dan dekat .... kadang bcandaa .... kadang ngobrol serius .... kadang nangis *klo lagi prosesi* .... 

aku jadi inget lagunya nikita .... sperti pelangi sehabis hujan ... itulah janji setia Mu Tuhan .... di balik duka ku telah menanti, harta yang tak ternilai dan abadi .....

aku percaya, Tuhan sudah menyediakan harta yang tak ternilai dan abadi ini tuk keluarga kami .... di balik duka kami ditinggalkan amah .... hubungan aku dan sodara" yg lain jadi baik dan dekat .... bahkan kami jadi punya grup big family di bb .... aku yakin, amah jg pasti seneng melihat kami sperti ini .... 

senin pagi, amah di bawa pulang ke sekura ... bersama anak" amah dan akong .... sayang, aku ga ikut .... :(


Makamnya amah


dan tepatnya hari ini, hari rabu, amah sudah di makamkan .... semua selesai .... smoga amah beristirahat dengan tenang .... akong di berikan kekuatan dan kesehatan .... semua keluarga di berikan kekuatan dan kesehatan .... amin ....

Mewakili keluarga besar LIM, aku mao ngucapin makasih sebanyak-banyaknya kepada teman", kerabat, kenalan, sodara yang sudah mengirimkan doa, yg sudah datang ke rs, yang sudah datang ke rumah duka, yang sudah bantu menghantar amah ke tempat peristirahatan terakhir .... makasih banget buat semuanya .... Tuhan memberkati kalian semua ....

dan terimakasih Tuhan, karena amah sudah bebas dari rasa sakit yg slama ini menyiksa amah .... amah sekarang sudah istirahat dengan tenang bersama Tuhan di surga .... amin...

Jakarta, 01 Desember 2010
_rosita lim_


No comments:

Post a Comment