Saturday, October 10, 2009

Senyum 2 Jari

Gw menemukan satu buku yang bagus banget !! waktu gw lagi iseng jalan" ke toko buku sama Mama, yg tadinya lagi ngliat buku" resep makanan, hehehe .. tiba" mata gw tertuju ke satu buku yang sampulnya rame, dan disgusting .. karena berbentuk kotoran dan ada cacing disitu ... tapi, gw penasaran untuk melihat buku itu, gw liat sekilas, ternyata buku itu di tulis oleh seorang petapa yg lahir di London, dan sudah 35 tahun menjadi petapa, namanya Ajahn Brahm. Dan judul buku nya, Si cacing dan kotoran kesayangannya yang di translate dari judul asal yaitu, Opening the door of your heart. Bukunya berisi 108 cerita, dan semuanya bagus ... tapi, ada bbrp yang sangat berkesan buat gw ...
salah satunya, yang pengen gw share lewat blog kali ini adalah tentang senyum 2 jari ...

dalam buku itu, Ajahn menceritakan waktu dia masih berstatus mahasiswa. Guru meditasi pertamanya memberikan sebuah nasehat untuk di praktekkan. Awalnya, sang guru menanyakan apa sih yang pertama" dilakuin saat bangun pagi??
Ajahn menjawab, "ke kamar mandi".
Guru : "apa ada sebuah cermin di kamar mandi mu?"
Ajahn : "Tentu ada donk"
Guru : "Bagus !! Nah, setiap pagi, bahkan sebelum kamu menggosok gigi, saya ingin kamu menatap cermin dan tersenyum kepada dirimu sendiri".

Ajahn :"Pak !! *dengan nada protes* Saya ini mahasiwsa. kadang" saya tidur dengan larut, dan bangun dengan perasaaan kurang enak. pada pagi" tertentu, bahkan saya ngeri melihat wajah sendiri di cermin, boro" tersenyum".

Sang Guru hanya terkekeh, dan berkata,"jika kamu tidak bisa tersenyum secara alami, kamu dapat memakai dua jarimu, taruh di kedua sudut mulut, dan tekanlah ke atas. seperti ini.."*sambil di praktekkin*

Karena disuruh sama Guru nya, ya .. akhirnya, Ajahn mencoba nya.

Pagi berikutnya, Ajahn melangkah terhuyung" ke kamar mandi. Dia menatap dirinya di cermin. "Arrghh !" itu bukan pemandangan yg manis. sebuah senyum alami tidak bisa muncul. Jadi Ajahn meletakkan dua jari telunjuk di kedua sudut mulut dan menekannya ke atas. Lantas Ajahn melihat seorang mahasiswa muda bodoh menampilkan wajah tololnya di cermin, dan Ajahn ga bisa menahan diri untuk tersenyum. begitu muncul sebuah senyum alami, Ajahn melihat mahasiswa di cermin tersenyum kepadanya. Ajahn pun tersenyum lebih lebar lagi. Dalam beberapa detik, mereka mengakhiri nya dengan tertawa bersama".

Trik senyum dua jari ini bisa kita praktekkin loh setiap hari, setiap saat klo memang kita lagi ga bisa tersenyum alami, apalgi klo kita lagi sakit, lagi bosen, lagi tertekan, dll ... karena, senyum dan tawa terbukti bisa membuat kita merasa BAHAGIA.

Klo kita sendiri ga bisa ngliat wajah kita yang ga ada senyum sama sekali, apalagi orang lain??? sebaliknya, klo wajah kita selalu ada senyum, orang" pasti akan seneng kan ngliatin kita dan membalas dengan senyuman yang paling manis ... ^^v

Jakarta, 11 Oktober 2009
_rosita_

No comments:

Post a Comment